+628 18 919 597

Customer Services

BSD City

ICE Business Park 2 No.E21

Crystal Lite vs Pasir Silika, Mana Media Filter Yang Lebih Baik

Crystal Lite vs Pasir Silika

Pada artikel ini kita akan membahas Crystal Lite vs Pasir Silika, Mana Media Filter Yang Lebih Baik

Saat berada di dalam kolam renang, sering kali mungkin Sebagian orang bertanya kok bisa air yang sudah di pakai terus menerus, terkadang saat tubuh lagi kotor namun air kolam renang tetap jernih, darimana itu berasal dan bagaimana prosesnya, kok bisa?.

Bagaimana? Apakah pertanyaan tersebut yang kamu tanyakan, nah, sebenarnya yang terjadi adalah sistem pada kolam renang akan melakukan sirkulasi air setiap saat dan tanpa berhenti (selama system dihidupkan), di dalam system sirukulas itu sendiri terdapat tabung yang berfungsi untuk menampung dan air dari kolam renang, atau lebih tepatnya air pada kolam renang akan bersirkulasi melewati tabung filter.

Setelah melalui tabung filter yang berisi media filter yang akan melakukan penyaringan air yang kotor kemudian air akan dipompa Kembali ke kolam renang sehingga air yang dihasilkan akan menjadi jernih dan sirkulasi ini akan terus berlangsung sampai air benar-benar jernih dan sehat. Nah, setelah mengetahui beberapa hal diatas, tentunya ada beberapa media filter yang bisa digunakan pada umumnya, misalnya pasir silika

Pasir Silika

Pasir silika adalah jenis media filter yang sering digunakan pada berbagai tempat penjernihan air termasuk kolam renang Paling banyak kita dengar di dalamnya ada media Pasir Silika untuk filter air. Media pasir ini banyak sekali temukan dalam proses penjernihan air atau water treatment. Pasir silika juga terkadang digunakan di kolam ikan atau aquarium untuk menjernihkan air yang  menjadi tempat berkembangbiak ikan-ikan

Dalam pengolahan air bersih Penggunaan pasir sebagai media penyaringan digunakan untuk menyaring partikel asing yang terdapat di dalamnya kandungan mangan (Mn) air. Pasir silika digunakan sebagai media filter untuk mengurangi kandungan Total suspended Solid / TSS yang terkandung di dalam air yang akan disaring, namun, diperlukan ukuran pasir yang bervariasi agar menghasilkan air sesuai dengan kebutuhan. Pada umumnya pasir silika pasarkan dalam bentuk kemasan per sak atau 50 Kg dan Harganya pun bervariasi, biasanya harga dihitung per Kg.

Nah, dari media filter pasir silika diatas, sebenarnya masih ada lagi media filter yang terbarukan, yaitu media filter dari zodiac, yang menciptakan sebuah media filter yang dapat menghasilkan bukan hanya air jernih tapi juga dapat membuat air menjadi lebih sehat dan bebas iritasi serta ramah lingkungan

Crystal Lite Zodiac

Kristal Zodiak adalah jenis media filtrasi yang dapat digunakan sebagai pengganti langsung pasir atau zeolit. Biasanya disebut sebagai media kaca, media ini memiliki manfaat lingkungan dan sanitasi dibandingkan media silika/pasir tradisional. Zodiac Crystal hadir dalam dua tingkatan: kasar dan halus.

Kristal kasar harus ditempatkan di bagian bawah filter untuk memastikan tidak terjadi penyumbatan, sedangkan kristal halus ditambahkan di atas agar air dapat bersirkulasi melalui tangki filter untuk efisiensi maksimum.

Baca Juga : Cara Merawat Kolam Renang Supaya Bersih dan Sehat

Filtrasi yang lebih efektif

Kombinasi kristal kasar dan halus memberikan filtrasi terbaik. Media kaca ini jauh lebih rentan terhadap penyumbatan daripada pasir dan karena itu memberikan filtrasi yang lebih dalam dan lebih efektif. Semakin baik laju aliran melalui filter kolam Anda, semakin banyak air yang Anda sirkulasikan dari waktu ke waktu, yang pada akhirnya berarti kolam yang lebih bersih.

Konservatif dan ramah lingkungan

Jika dibandingkan dengan pasir biasa, Zodiac Crystals dapat menghemat air hingga 65% melalui backwashing yang lebih efisien. Hal ini disebabkan oleh ruang antar partikel yang lebih besar, sehingga memungkinkan aliran air yang lebih efisien. Efisiensi ini juga akan menghasilkan pengurangan daya listrik yang dibutuhkan, sehingga mengurangi jejak karbon kolam Anda.

Keuntungan sehat

Permintaan klorin lebih rendah untuk kolam dengan saringan pasir menggunakan media kaca dibandingkan dengan kolam pasir. Filter pasir lebih rentan menampung jenis bakteri yang berpotensi berbahaya. Atau, permukaan Kristal yang halus dan unik mencegah bakteri menempel pada kaca. Pada akhirnya, ini menyediakan kolam yang lebih sehat dan lebih aman untuk Anda dan keluarga Anda nikmati.

Dari pembahasan di atas anda bisa tentukan sendiri bagaimana perbandingan diantara kedua media filter yang bisa anda pakai di kolam renang anda, pastikan anda tidak hanya memilih media filter, namun lebih bisa memilih media filter yang bisa memberikan dampak baik kepada anda dan Kesehatan anda pribadi.

Agar lebih lengkap berikut kami rangkum beberapa kelebihan dan kekurangan crysta lite media filter dan pasir silika

Crystal Lite vs Pasir Silika

Crystal Lite

Kelebihan

  • Dapat Meningkatkan Efisiensi Filter
  • Mudah digunakan
  • Ramah Lingkungan
  • Backwash Lebih Efisien dapat menghemat Air Sampai 65%
  • Mengurangi bakteri berbahaya¬† dalam kolam renang
  • Membuat Kolam Lebih Jernih, aman dan Sehat Bebas Iritasi Kulit dan Mata
  • Permukaan kristal kaca yang halus mencegah pertumbuhan bakteri pada kolam
  • Terbuat dari 100% Crystal Kaca

Kekurangan

  • Harga lebih mahal

Pasir Silika

Kelebihan

  • Dapat menghilangkan Partikel padat dalam air kolam
  • Mengatasi permasalahan air yang keruh
  • Mengatasi air yang menyebabkan gatal-gatal
  • Harga lebih terjangkau

Kekurangan

  • Backwash tidak efisien membutuhkan banyak air
  • Rentan terhadap bakteri yang berpotensi berbahaya
  • Tidak terlalu memiliki banyak manfaat kesehatan dan lingkungan.
  • Diperlukan ukuran pasir bervariasi agar menghasilkan air yang bagus

Apabila anda sudah memutuskan untuk membeli media filter yang cocok dan sesuai untuk anda, silahkan belanja di took kami, atau anda bisa menghubungi kami melalui nomor wa yang tertera pada tombol WhatsApp di pojok kanan bawah.

Share:

LinkedIn
WhatsApp
Facebook

1 thought on “Crystal Lite vs Pasir Silika, Mana Media Filter Yang Lebih Baik

    […] Baca Juga : Crystal Lite vs Pasir Silika, Mana Lebih Baik ? […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

On Key

Related Posts

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • Description
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Compare ×
Let's Compare! Continue shopping
Shopping cart close